Tips Mengobati Paruh Ayam Bangkok Yang Lepas/Copot

Bandar Sabung Ayam - Tips mengobati paruh Ayam Bangkok yang lepas/copot. Dalam pertarungan cedera atau luka pada ayam memang sudah menjadi hal yang biasa bagi para penghobi Sabung Ayam. Terkadang dalam Laga Ayam paruh pun bisa terlepas akibat pukulan kuat dari lawan.

Bila paruh ayam aduan sudah patah dan lepas maka itu merupakan salah satu masalah yang serius untuk bebotoh dan juga ayamnya. Karena hal itu akan mengakibatkan ayam kesakitan dan ada juga yang sampai mati karena sakit dan sulit untuk makan. Hal demikian harus melakukan perawatan rutin dari cara pemberian pakan maupun mengobatinya. Adapun tips mengobati paruh ayam bangkok yang lepas bisa dilakukan dengan beberapa cara, berikut caranya.

Tips Mengobati Paruh Ayam Bangkok Yang Lepas/Copot

  • Bila paruh ayam sudah lepas maka usapkan dengan air hangat kemudian berikan obat anti inflamasi. Bisa diberikan dengan merk Trombophop atau dengan merk lainnya. Pemberian obat ini dapat dilakukan 2 hari sekali.
  • Usapkan air hangat pada paruh yang patah. Kemudian diolesi dengan kunir atau kapur sirih. Bisa juga menggunakan bawang putih dipagi hari dan sore hari. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan bakteri yang ada pada paruhnya.
  • Pemberian pakan ayam bangkok diwajibkan pakan yang mudah untuk dicerna untuk masa penyembuhan paruhnya.
Adapun cara lain adalah dengan menggunakan belimbing wuluh pada pangkal patuknya. Cara ini dilakukan untuk mempercepat proses pertumbuhan pada paruh karena belimbing wuluh mengandung kadar asam yang sangat tinggi. Untuk proses pemberian pakan ayam dapat diberikan jagung muda yang direndam semalaman agar jagung tersebut lunak. Selain itu pemberian jagung juga mengandung kalsium yang tinggi.
Apakah ada cara mengatasi masalah paruh yang lepas pada ayam bangkok? Bila paruh yang lepas tersebut masih ada mungkin masih bisa digunakan dengan menjahitnya kembali. Caranya adalah dengan membersihkan dahulu paruh ayam dengan belimbing wuluh kemudian oleskan telur putih pada paruhnya. Setelah itu baru ditempelkan balik pada paruh dan dijahit. Setikdanya 2 minggu baru dapat dibuka kembali.
Simak Juga : Melatih Pernafasan Ayam Bangkok Agar Tahan Saat Adu Ayam
Masalah pakan bisa diberikan voer yang dicampurkan dengan air atau voer yang dicampurkan dengan nasi lembek. Ada pun cara bebotoh pada zaman dahulu adalah dengan menggunakan cabe rawit dan bawang putih untuk memperkuat dan mempercepat proses pertumbuhan paruh baru.
Demikianlah informasi yang bisa sama sampaikan mengenai paruh ayam bangkok yang lepas. Mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk anda semua.

No comments:

Post a Comment

4 jenis ayam yang yang paling di incar para botoh sabung ayam

Sabung Ayam Online - Memiliki Ayam Aduan yang paling kuat adalah mimpi para pelaku perjudian sabung ayam dimanapun mereka berada. Hal t...