Cara Perawatan Untuk Ayam Bangkok Setelah Bertanding

Bagi para juragan pasti membutuhkan perawatan untuk ayam bangkok setelah bertanding. Perawatan untuk fisik ayam seperti luka akibat pukulan dan juga tusukan taji tidak bisa dianggap sepele. Karena dapat mengancam ayamnya mati.
Cara Perawatan Untuk Ayam Bangkok Setelah Bertanding

Agen Sabung Ayam - Luka dalam yang terdapat pada ayam bangkok setelah bertanding bisa berikan antibiotik seperti Amoxicilin. Dengan cara menelankan 1 kapsul pada ayam bangkok dan cara ini berguna untuk mempercepat penyembuhan luka dalam dan cepat mengeringkan luka luar.
Cara Perawatan Untuk Ayam Bangkok Setelah Bertanding
Dunia sabung ayam antara kedua ayam yang diadu akan mengalamai luka ringan dan luka serius. Luka-luka itu bisa terjadi dikepala, paruh, mata dan otot. Cara penanganan luka-luka tersebut dapat dilihat penjelasan dibawah ini.
Perawatan Paruh - Dalam pertarungan juga bisa terjadi pada paruh yang goyang atau lepas. Jika terjadi hal yang demikian para juragan dapat mengoleskan salep atau kunyit, kemudian pasang dan rapihkan kembali dengan cara mengikatkan benang kejengger. Paruh yang asli harus terpasang dikarenakan jika tidak dipasang kembali akan tumbuh paruh yang baru yang tak terarah dan cacat. 
Perawatan Mata - Apabila mata ayam aduan terkena pukulan taji atau siwer berikan cairan dari cabe merah. Memang air cabe sangat pedas dan perih, tetapi sangat berguna untuk menyembuhkan luka dimata. Dapat juga dibantu dengan pemberian salep antibiotik Oxytetracycline atau gentamicine. Cara itu hanya untuk mata yang terserempet taji, jika sudah tembus maka sudah tidak dapat disembuhkan lagi.
Perawatan Otot dan Kaki - Setelah bertanding dengan menguras otot dan tenaga, maka otot-otot pada ayam harus dilemaskan. Seperti pada otot leher, sayap hingga otot paha dan kaki. Otot pada bagian kaki merupakan yang paling utama dikarenakan jika tidak segera dilemaskan, ditakutkan ayam aduan akan kaku saat berjalan dan dapat mengalami tedun atau turun urat pada keesokan harinya.
Perhatikan pada paha dan kaki ayam Bangkok dapat diurut tapi jangan terlalu kuat sebab hanya untuk melancarkan siklus darah saja. Untuk bahan minumnya bisa diberikan air parutan jahe, batang sereh, atau dengan minyak gosok GPU / Geliga.
Baca Juga : Ciri-Ciri Keunikan Ayam Faverolles
Pemberian Makan - Jika ayam aduan belum bisa makan seperti biasanya, bantu dengan spet yang diujungnya diberi selang kecil atau dengan alat suntik yang jarumnya dilepaskan. Cairan yang diberikan dapat berupa vitamin yang dicampur dengan larutan gula merah dan sedikit susu cair. Selanjutnya dapat berikan makanan yang mudah dicerna dengan cara dilolohkan. Bandar Sabung Ayam
Penempatan Di Kandang - Letakan ayam aduan dikandang yang berjauhan dengan ayam jago yang lainya, tetapi dekatkan dengan ayam betina atau babon. Hal ini dapat membantu memancing gairah dan mempercepat penyembuhan ayam aduan secara psikologis.
Semoga Artikel Tips Perawatan Ayam Aduan Setelah Bertarung ini dapat bermanfaat untuk para penggemar sabung ayam di nusantara. Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment

4 jenis ayam yang yang paling di incar para botoh sabung ayam

Sabung Ayam Online - Memiliki Ayam Aduan yang paling kuat adalah mimpi para pelaku perjudian sabung ayam dimanapun mereka berada. Hal t...